Senin, 23 Agustus 2010

Economy - Saham dan Valas

Bank Mandiri Resmi Kuasai 51% Saham AXA Mandiri
Senin, 23 Agustus 2010 - 14:45 wib
text TEXT SIZE :
Andina Meryani - Okezone
Foto: Corbis

JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk menambah penyertaan sahamnya di PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) sebesar dua persen. Dengan demikian Bank Mandiri menjadi pemegang saham mayoritas di AXA Mandiri dengan kepemilikan saham sebesar 51 persen.

Sebelumnya, pada tanggal 9 Desember 2009 telah ditandatangani Share Sale and Purchase Agreement (SSPA) atau Perjanjian Jual Beli dengan Syarat Pendahuluan antara Bank Mandiri dengan National Mutual International Pty Ltd (NMI).

AXA Mandiri yang didirikan pada tanggal 5 November 2003, merupakan perusahaan asuransi jiwa hasil joint venture antara Bank Mandiri dan (NMI), perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Australia. Sesuai dengan kesepakatan dalam SSPA tersebut, NMI bersedia untuk menjual dua persen kepemilikan sahamnya di AXA Mandiri kepada Bank Mandiri sehingga kepemilikan Bank Mandiri pada AXA Mandiri menjadi 51 persen dan Laporan Keuangan AXA Mandiri akan dikonsolidasikan secara menyeluruh ke dalam Laporan Keuangan Bank Mandiri.

Penambahan kepemilikan dua persen saham tersebut juga telah mendapatkan persetujuan pemegang saham Bank Mandiri yang diperoleh melalui pelaksanaan RUPS Tahunan Bank Mandiri pada tanggal 17 Mei 2010 dan Bank Indonesia berdasarkan Surat No.12/71/DPB1/TPB1-1 tanggal 22 Juli 2010.

"Salah satu cara untuk mewujudkan aspirasi tersebut adalah dengan mengoptimalkan sinergi dan aliansi dengan anak perusahaan. Hal ini sejalan dengan aspirasi untuk menjadi lembaga keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif," Senior Vice President Wealth Management Bank Mandiri Inkawan D Jusi dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (23/8/2010).

Sampai saat ini, Bank Mandiri memiliki jaringan anak perusahaan yang menyediakan beragam layanan, mulai dari layanan investment banking melalui PT Mandiri Sekuritas, layanan perbankan syariah melalui PT Bank Syariah Mandiri, layanan specialist bank (niche banking) melalui PT Bank Sinar Harapan Bali, layanan multi-finance melalui PT Mandiri Tunas Finance dan layanan bancassurance melalui AXA Mandiri.

AXA Mandiri mencatatkan kinerja yang baik sejak pertama kali didirikan dengan posisi aset hingga Juli 2010 tercatat sebesar Rp7,08 triliun (unaudited) atau meningkat 27,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp5,55 triliun. Laba bersih tercatat sebesar Rp219,25 miliar (unaudited) atau naik 108,2 persen dibandingkan posisi Juli tahun 2009 yang sebesar Rp105,33 miliar. Return on equity (ROE) per Juli 2010 yang berhasil dibukukan sebesar 86,7 persen, meningkat jika dibandingkan posisi Juli tahun 2009 yang sebesar 55,9 persen. (adn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar